Minggu, 17 Desember 2017 – 22:32 WIB

Paranoid, Kim Jong-un Angkat Adik jadi Anggota Politbiro

Senin, 09 Oktober 2017 – 17:21 WIB
Paranoid, Kim Jong-un Angkat Adik jadi Anggota Politbiro - JPNN.COM

jpnn.com, PYONGYANG - Di tengah hubungan yang memanas dengan dunia internasional gara-gara program senjata nuklir serta uji coba misil balistik, Kim Jong-un mengumumkan perubahan di tubuh Politburo, dewan eksekutif partai yang memutuskan seluruh kebijakan Korea Utara.

Jong-un mengangkat adik perempuannya, Kim Yo-jong, sebagai salah satu anggota dewan yang dipimpinnya tersebut.

”Ini menunjukkan bahwa dia (Yo-jong) memiliki posisi penting. Tidak seperti yang selama ini diduga. Ini juga menunjukkan konsolidasi kekuatan keluarga Kim,” kata Michael Madden, salah seorang pakar Korut di Johns Hopkins University.

Sebagai bungsu di antara tujuh bersaudara, hampir jarang ada berita mengenai Yo-jong. Perempuan 30 tahun itu hanya pernah diketahui belajar di Swiss bersama Jong-un pada 1996–2000.

Pengangkatan Yo-jong diumumkan dalam sidang komite pusat Partai Pekerja pada Sabtu (7/10), tetapi baru dipublikasikan kantor berita Korut KCNA kemarin.

Banyak pengamat yang menilai Yo-jong diangkat sebagai petinggi partai karena bukan ancaman bagi kekuasaan Jong-un. Selama ini, Jong-un dikenal selalu mengeliminasi sosok-sosok yang dianggap bisa menghalangi jalannya meneruskan kepemimpinan di Korut.

Yang terakhir dan memicu perhatian dunia internasional adalah pembunuhan terhadap kakak beda ibu, Kim Jong-nam, di Malaysia Februari lalu.

Saat ini, sidang pembunuhan Jong-nam dengan dua tersangka, Siti Aisyah dari Indonesia dan Doan Thi Huon dari Vietnam, sedang berjalan. Meski ada dua tersangka, Jong-un diyakini berada di balik pembunuhan tersebut.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
loading...
loading...
Komentar