Pariwisata Pulih, Jumlah Kunjungan Wisman Meningkat Hampir 500 Persen

Pariwisata Pulih, Jumlah Kunjungan Wisman Meningkat Hampir 500 Persen
Badan Pusat Statistik mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia meningkat pesat. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia meningkat pesat.

Adapun jumlah kunjungan wisman pada April 2022 tercatat sebesar 111,06 ribu.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan jumlah tersebut naik signifikan dibanding Maret 2022, yakni 40,8 ribu atau meningkat 172,27 persen secara month-to-month (mom).

Kemudian, jika bandingkan dengan April 2021 sebesar 18,5 ribu kunjungan, jumlah wisman yang datang ke Indonesia meroket hampir 500 persen year-on-year (yoy).

"Jumlah kunjungan wisman meningkat signifikan, bahkan yang tertinggi sejak awal pandemi, yakni 499,01 persen yoy,” ujar Margo dalam konferensi pers, Kamis (2/6).

Menurut Margo, meningkatnya jumlah wisatawan ke dalam negeri menunjukkan sektor pariwisata mulai pulih dan membaik seiring dengan penanganan pandemi dalam negeri dan secara internasional. 

Artinya, dengan peningkatan tersebut jumlah kunjungan wisman dari awal tahun hingga April 2022 tercatat 185,44 ribu kunjungan.

"Ini meningkat 350,09 persen bila dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya," ungkap Margo.

Badan Pusat Statistik mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia meningkat pesat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News