Partai Garuda: Jangan Beri Ruang Turis Asing Mendikte Masyarakat Lokal

Partai Garuda: Jangan Beri Ruang Turis Asing Mendikte Masyarakat Lokal
Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengomentari persoalan turis asing yang terganggu dengan suara ayam. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Belakangan ramai sejumlah turis membuat petisi ke pemerintah Bali, karena merasa terganggu dengan suara ayam berkokok di sekitar tempat mereka menginap.

Kemudian, Kepala Seksi Trantib Kecamatan Kuta Selatan I meminta agar pemilik ayam merelokasi ayamnya, menjauh dari lokasi penginapan, tetapi ditolak oleh pemilik ayam tersebut.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengatakan persoalan itu kelihatannya lucu dan sepele, tetapi faktanya ini tidak lucu dan tidak sepele.

"Karena memberi ruang bagi pihak asing untuk mendikte masyarakat lokal. Seharusnya Trantib di sana tegas, jika tidak nyaman, komplain ke hotel atau pindah mencari hotel lain, bukan malah mendikte warga lokal pemilik ayam," kata Teddy di Jakarta, Sabtu (4/3).

Menurut Teddy, komplain boleh saja dilakukan jika warga sekitar yang merasa terganggu, maka harus dicari penyelesaiannya.

Namun, itu tidak berlaku bagi turis yang hanya mampir sebentar.

Teddy mengingatkan menghormati dan melindungi para tamu adalah adab yang baik dan memang sudah menjadi karakter masyarakat bangsa ini.

"Tetapi bukan berarti harus menginjak harga diri kita. Kasus ini terlihat sepele tapi ini tidak sepele," pungkas Teddy.

Belakangan ramai sejumlah turis membuat petisi ke pemerintah Bali, karena merasa terganggu dengan suara ayam berkokok di sekitar tempat mereka menginap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News