Partisipasi Pemilih Medan Jeblok, Bos KPU Bilang Begini

Partisipasi Pemilih Medan Jeblok, Bos KPU Bilang Begini
Husni Kamil Manik. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menjanjikan akan melakukan evaluasi terhadap jebloknya tingkat partisipasi pemilih pada pilkada Medan 9 Desember 2015.

“Kita akan melakukan evaluasi,” kata Husni di sela-sela melakukan monitoring perhitungan suara tingkat kecamatan di Medan Johor, Sabtu (12/12).

Dia belum mengakui bahwa tingkat partisipasi pemilih di Kota Medan sangat rendah. Pasalnya, dia harus menunggu laporan data resmi. Jika data sudah diterima, barulah dilakukan evaluasi. “Kita masih menunggu semua proses ya, nanti kita evaluasi,” ujarnya.

Husni ke Medan untuk melakukan monitoring perhitungan perolehan suara Pilkada 2015. Selain di Medan, ia juga melakukan monitoring ke Kabupaten Karo.

Jebloknya tingkat partisipasi pemilih pada pilkada Medan  mendapat sorotan kalangan pemerhati pemilu.

Setelah caretaker Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP)  Girindra Sandino, giliran Koordinator Komite Pemilih Indonesia (TePI) Jerry Sumampouw.

Jerry mengatakan, tingkat partisipasi pemilih di Kota Medan memang selalu rendah. Baik itu ketika pilgub Sumut maupun pilkada-pilkada sebelumnya.

Namun, Jerry mengaku tidak menyangka jika pada pilkada 2015 ini tingkat partisipasi di Kota Medan hanya 24,02 persen.

JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik menjanjikan akan melakukan evaluasi terhadap jebloknya tingkat partisipasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News