Partisipasi Pemilih Pengaruhi Legitimasi Calon Kada Terpilih

Lembaga Survei Ingatkan KPU Kuansing Genjot Sosialisasi Pilkada

Partisipasi Pemilih Pengaruhi Legitimasi Calon Kada Terpilih
Partisipasi Pemilih Pengaruhi Legitimasi Calon Kada Terpilih

jpnn.com - JAKARTA - Kabupatan Kuantan Singingi di Provinsi Riau akan menggelar pemilihan kepala daerah pada Desember nanti. Namun, penyelenggara pilkada di kabupaten yang lebih dikenal dengan sebutan Kuansing itu diingatkan untuk masif menggelar sosialisasi tentang pemiluhan bupati-wakil bupati demi mendongkrak partisipasi pemilih.

Mengacu pada hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) pada periode 4 - 16 Juni 2015 terhadap 1314 responden warga Kuansing, ternyata baru sekitar 56,2 persen yang akan menggunakan hak pilihnya. Sedangkan 43,8 persen mengaku belum pasti menggunakan hak pilih.

Direktur Eksekutif LKPI, dari hasil survei itu bisa diperkirakan bahwa partispasi masyarakat dalam pilkada Kuansing akan rendah jika KPU setempat tidak melakukan sosialisasi. Menurutnya, tinggi rendahnya partisipasi pemilih juga akan mempengaruhi legitimasi kepala daerah terpilih.

“Tapi jika KPU melakukan sosialisasi, partisipasi warga kemungkinan akan meningkat hingga 76 persen sehingga siapapun pemenangnya akan memperoleh legitimasi tinggi,” kata Malvin dalam rilisnya ke media, Kamis (25/6).

LKPI juga melakukan survei tentang popularitas, akseptabilitas, kapabilitas dan elektabilitas nama-nama yang mulai beredar sebagai bakal calon bupati Kuansing. Dari survei popularitas, muncul nama Zulkifli (95,3 persen), Mursini (90,2 persen), Andi Putra (89,7 persen), Mardjan Ustha (89,2 persen), Mardianto Manan (87,3 persen) dan Muharman (81,2 persen).

Sementara untuk akseptabilitas, secara berurutan adalah Mursini (28,2 persen), Zulkifli (18,3 persen), Andi Putra (11 ,2 persen), Imran (9,3 persen) , Mardjan Ustha (8,3 persen) dan Mardianto Manan (7, persen). Sedangkan untuk kapabilitas muncul lagi nama Mursini (28,2 persen), Zulkipli (18,2 persen),  Mardjan Ustha  12,3 persen, serta Andi Putra dan Imran masing-masing 10,2 persen.

Adapun utnuk elektabilitas, lagi-lagi nama Mursini yang menyodok di peringkat teratas. Anggota DPRD Riau itu memiliki tingkat keterpilihan 30,3 persen.
Di bawah Mursini ada nama Andi Putra (17,7 persen), Zulkifli (12,7 persen), Imran (10,7 persen) dan Mardjan Ustha (7,2 persen). “Yang  belum menentukan pilihan  9,2, persen,” ucap Malvin.(rmo/jpnn)


JAKARTA - Kabupatan Kuantan Singingi di Provinsi Riau akan menggelar pemilihan kepala daerah pada Desember nanti. Namun, penyelenggara pilkada di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News