Partisipasi Warga Modal Surabaya Kembali Raih Adipura Kencana

Partisipasi Warga Modal Surabaya Kembali Raih Adipura Kencana
Partisipasi Warga Modal Surabaya Kembali Raih Adipura Kencana

jpnn.com - JAKARTA - Kota Surabaya kembali mendapat penghargaan Adipura Kencana 2014 kategori Kota Metropolitan. Penghargaan ini diraih Surabaya untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut.

"Sebetulnya ini kemenangan warga Surabaya karena kami, pemerintah, tidak mungkin kerja sendiri tanpa partisipasi dari warga Surabaya," ujar Risma usai menerima penghargaan Adipura itu dari Wapres Boediono di Istana Wapres, Jakarta, Kamis, (5/6).

Risma mengaku, masyarakat Surabaya sangat berpartisipasi menjaga kebersihan sungai dan tempat mereka tinggal. Selain itu, kata dia, warga juga aktif mengelola bank sampah. Saat ini, ujar Risma, di Surabaya terbanyak se-Indonesia, yaitu sekitar 250 bank sampah.

"Sebenarnya itu karena partisipasi warga Surabaya. Kenapa sungainya bersih, kemudian lingkungan di kampung-kampung bersih, itu karena masyarakat juga ikut bekerja. Menjaga. Minimal mereka menjaga," sambung Risma.

Adapun penghargaan Adipura Kencana diberikan Kementerian Lingkungan hidup pada 15 Kota. Selain Surabaya, kategori metropolitan lainnya adalah Kota Tangerang dan Kota Palembang. Sementara itu, penerima Adipura Kencana kategori Kota Besar adalah Kota Malang dan Kota Balikpapan.

Sedangkan penerima penghargaan untuk kategori Kota Sedang di antaranya Kota Madiun, Tulungagung, Probolinggo, Magelang, Jombang, Kendari, Pati, Kendari. Penerima penghargaan untuk kategori Kota Kecil di antaranya Kota Pati, Martapura, Lamongan dan Tuban.(flo/jpnn)


JAKARTA - Kota Surabaya kembali mendapat penghargaan Adipura Kencana 2014 kategori Kota Metropolitan. Penghargaan ini diraih Surabaya untuk yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News