Pasar Bukittinggi Terbakar, 1.042 Pedagang jadi Korban

Pasar Bukittinggi Terbakar, 1.042 Pedagang jadi Korban
Pasar Atas Bukittinggi terbakar. Foto: from infoSumbar

jpnn.com, BUKITTINGGI - Tiga blok kawasan pasar bertingkat di Pasa Ateh (Pasar Atas), Bukittinggi, ludes terbakar, Senin (30/10).

Dari sekitar 416 petak toko yang berada di lantai 2, sekitar 354 petak toko dan kios musnah terbakar.

Sementara 423 petak toko dan kios di lantai satu bisa selamat dari kobakaran api namun tetap mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, seluruh lapak pedagang kaki lima yang berada di bawah pasar bertingkat itu juga terpaksa dibongkar untuk memudahkan akses mobil pemadam kebakaran.

Pemerintah Kota Bukittinggi mencatat sedikitnya 1.042 pedagang terdata mengalami dampak kerugian cukup parah. Tak tanggung-tanggung, kerugian diperkirakan mencapai Rp 1.5 triliun

“Pasa Ateh yang terbakar ini akan dipagar dan akan dibersihkan. Memang tidak semuanya terbakar, tapi, tidak mungkin dipakai lagi. Walau di lantai satu tidak terbakar misalnya, tapi tetap itu berbahaya karena tadi saya lihat ada tembok yang sudah rapuh pada lantai atas dan bisa membahayakan pengunjung. Kerugian sementara diperkirakan Rp 1,5 triliun,” kata Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat meninjau lokasi kebakaran, kemarin.

Pemko Bukittinggi berencana merelokasi atau memindahkan pedagang Pasar Atas yang jadi korban kebakaran ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Namun untuk pemindahan itu, Pemko Bukittinggi butuh waktu dan minta pedagang untuk bersabar karena akan disiapkan terlebih dahulu sarana dan prasarana seperti parkir dan lainnya.

“Saya sudah perintahkan kepada SKPD terkait untuk bekerja keras, jika perlu sampai malam. Rencananya jam dua besok kami memanggil para pedagang ke Balai Kota untuk membahas masalah relokasi ini,” ujar wali kota yang terpilih dari jalur independen ini.

Tiga blok kawasan pasar bertingkat di Pasa Ateh (Pasar Atas), Bukittinggi, ludes terbakar, Senin (30/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News