Pasar Sedan Kembali Bergairah Di 2015

Pasar Sedan Kembali Bergairah Di 2015
Pasar Sedan Kembali Bergairah Di 2015
SURABAYA--Kemunculan mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) berdampak tergerusnya tipe sedan. Sejak 2005, penjualan sedan mengalami penurunan. Dampaknya agen pemegang merek pun tidak memproduksi kendaraan lima penumpang itu. Meskipun demikian, pasar sedan diprediksi bakal bergairah lagi.

Operational Manager Auto 2000 Jatim Plus, distributor Toyota di Jatim, Bali, dan Nusra, Joen Budiputera mengatakan seiring meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat sedan akan dilirik lagi. Penyebabnya, kendaraan ini menunjukkan image, gengsi, serta kenyamanan. "Pada 2015, sedan bisa tumbuh lagi. Dalam lima tahun terakhir selalu negatif pertumbuhannya," tutur Joen di sela peluncuran All New Vios di Surabaya, kemarin.

Menurut dia pendongkrak pasar sedan adalah di segmen new entry. Di kelas ini adalah, mereka yang sejak kecil, orang tuanya telah memiliki MPV. "Tentu, mereka tidak ingin sama dengan orang tua. Apalagi, pendapatan generasi baru tentu lebih baik, seiring pendidikan lebih bagus," paparnya.

Kontribusi sedan new entry terhadap total pasar memang kecil. Di Jatim hanya 2 persen atau 427 unit pada tahun lalu. Joen menyebut dengan kehadiran All New Vios pasar terangkat menjadi 700 unit. "Sebab, major change yang terdapat di All New Vios dapat menarik minat generasi muda," cetusnya.

SURABAYA--Kemunculan mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) berdampak tergerusnya tipe sedan. Sejak 2005, penjualan sedan mengalami penurunan. Dampaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News