Pasca Bencana, DPR Minta BUMN Ikut Benahi Infrastruktur

Pasca Bencana, DPR Minta BUMN Ikut Benahi Infrastruktur
Mobil tumpang tindih akibat banjir yang melanda Kota Manado Sulawesi Utara. Foto JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA -- Anggota Komisi Infrastruktur DPR, Teguh Juwarno meminta pemerintah segera mengambil langkah strategis menormalisasi infrastruktur yang rusak akibat bencana alam yang nyaris merata di seluruh kawasan Indonesia.

"Untuk keperluan pembangunan kembali infrastruktur yang hancur diterjang air dan bencana alam lainnya, DPR meminta pemerintah untuk segera itu diperbaiki," kata Teguh Juwarno, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (21/1).

Sumber pembiayaannya lanjut Teguh, Komisi V DPR dalam posisi mengupayakan penambahan anggaran khusus buat normalisasi infrastruktur.

"Kalau hanya menghandalkan anggaran APBN dana tanggap darurat, jelas tidak mencukupi. Komisi V menyarankan agar pemerintah bisa mengerahkan dana perusahaan BUMN," ujarnya.

Dijelaskannya, tahun 2013 lalu, anggaran belanja infrastruktur sebesar Rp 180 triliun. Tahun ini, bertambah menjadi Rp 198 triliun. Sementara dana tanggap darurat yang dianggarkan Kemensos tahun 2013 sebesar Rp 450 miliar.

"Khusus banjir yang melanda Kota Jakarta, saya mendesak pemerintah pusat dan Pemda DKI Jakarta untuk segera meminimalisir risiko banjir tahunan. Libatkan Pemprov DKI Jakarta dan provinsi sekitarnya untuk membangun infrastruktur waduk penahan air di Jawa Barat dan merevitalisasi Sungai Ciliwung," imbuh politisi PAN ini. (fas/jpnn)


JAKARTA -- Anggota Komisi Infrastruktur DPR, Teguh Juwarno meminta pemerintah segera mengambil langkah strategis menormalisasi infrastruktur yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News