Pasca Gempa, Masyarakat Diminta Tetap Tenang

Penyebaram Informasi Potensi Tsunami Akan Dipercepat

Pasca Gempa, Masyarakat Diminta Tetap Tenang
Pasca Gempa, Masyarakat Diminta Tetap Tenang
JAKARTA - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono meminta masyarakat khususnya yang tinggal di Pulau Sumatera agar tidak panik pascagempa yang terjadi Rabu kemarin (11/4). Agung memastikan bahwa pemerintah telah menyiapkan langkah antisipasi terhadap bencana gempa.

"Sekarang perlu antisipasi kita ke depan. Jadi masyarakat nggak perlu panik dan cemas karena ini akan diikuti dengan mediasi. Daerah yang ada ancaman ini akan diantisipasi oleh para ahli," kata Agung dalam jumpa pers di kantornya, Kamis (12/4).

Sedangkan Deputi Kepala Badan Penelitian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam, Ridwan Djamaluddin, menjelaskan, gempa Sumatera yang terjadi kemarin sebenarnya jarang sekali terjadi. Menurut Ridwan, gempa berkekuatan lebih dari 8 skala ritcher itu biasa terjadi di daerah transisi.

Dari tahun 2006 hingga sekarang, Indonesia baru mengalami dua kali gempa outer-rice. "Gempa ini jarang terjadi, gempa yang beberapa waktu lalu adalah gempa outer-rise. Energi besar akibat gempa berkekuatan 8,5 skala ritcher yang menyebabkan getaran dahsyat," terang Ridwan.

JAKARTA - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono meminta masyarakat khususnya yang tinggal di Pulau Sumatera agar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News