Pasokan Listrik ke Industri Harus Terjamin, Biar tak Gulung Tikar

Pasokan Listrik ke Industri Harus Terjamin, Biar tak Gulung Tikar
Pasokan Listrik ke Industri Harus Terjamin, Biar tak Gulung Tikar

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Ketua Bidang Industri dan Perdagangan DPP Partai Perindo, Hendrik Kawilarang Luntungan pasokan listrik ke industri kecil dan menengah harus dijamin oleh PLN. Jika tidak, maka secara pelan-pelan maka pelaku industri akan gulung tikar. 

"Industri dalam negeri, terutama yang menengah sangat bergantung dengan kepastian pasokan tenaga listrik. Jika negara tidak bisa menjamin pasokan listrik, maka industri kecil-menengah bisa gulung tikar pelan-pelan," kata Hendrik di Jakarta, Kamis (12/5). 

Pernyataan Hendrik disampaikan terkait dengan tidak pastinya pasokan listrik saat ini. Selain itu, PLN juga menaikkan tarif listrik di tengah daya beli masyarakat yang menurun.

Hendrik mengatakan, kenaikan tarif listrik tersebut tentu akan berpengaruh terhadap produksi.  

“Seharusnya PLN sebagai perusahaan BUMN, memiliki inisiatif untuk membahas hal ini secara internal. Sehingga publik mengerti apa alasan masih tertundanya realisasi 30 persen itu," kata Hendrik di Jakarta, Kamis (12/5). 

Hendrik menjelaskan ada, kebijakan yang perlu segera direalisasikan PLN dalam menopang industri kecil dan menengah soal ketergantungan listrik. Yaitu, diskon listrik 30 persen pada waktu penggunaan pukul 23.00-08.00 yang masuk paket kebijakan ekonomi jilid III. 

“Apalagi, Presiden saat ini sudah menerbitkan paket kebijakan ekonomi jilid XII,” katanya.  

Dia juga melihat ada banyak alternatif untuk melakukan stok energi dalam negeri; seperti mengkonversi batu bara menjadi energi listrik, atau konversi energi matahari. 

JPNN.com JAKARTA - Ketua Bidang Industri dan Perdagangan DPP Partai Perindo, Hendrik Kawilarang Luntungan pasokan listrik ke industri kecil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News