Pasokan Minim, Cabai Merah Dorong Inflasi

Pasokan Minim, Cabai Merah Dorong Inflasi
Pasokan Minim, Cabai Merah Dorong Inflasi
JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin mengatakan bahwa laju inflasi Juni 2012 mencapai 0,62 persen. Angka itu lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya 0,27 persen. Inflasi Juni ini dipengaruhi oleh meningkatnya beberapa komoditas bahan makanan utamanya cabai merah.

"Inflasi Juni sebesar 0,62 persen dan tahun kalender sebesar 1,79 persen sementara year on year nya sebesar 4,53 persen," ujar Suryamin dalam konfrensi pers bulanan di kantor BPS, Senin (2/7).

Untuk inflasi komponen inti sebesar 0,34 persen dan secara year on year masih di bawah inflasi umum sebesae 4,15 persen.

Dari 66 kota yang disurvei, seluruhnya mengalami inflasi padahal pada bulan sebelumnya masih ada kota yang mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi dikota ambon sebesar 2,39 persen dan manokwari sebesar 2,05 persen sedangkan inflasi terendah terjadi di Bima sebesar 0,04 persen.

JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin mengatakan bahwa laju inflasi Juni 2012 mencapai 0,62 persen. Angka itu lebih tinggi dibandingkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News