Pembebasan Lahan Tol Butuh Rp 2,53 Triliun

Pembebasan Lahan Tol Butuh Rp 2,53 Triliun
Pembebasan Lahan Tol Butuh Rp 2,53 Triliun
JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tahun ini menyiapkan anggaran lebih dari Rp 2,5 triliun untuk biaya pembebasan lahan di 22 proyek jalan tol. Jika di semester pertama pengucuran dana untuk pembebasan lahan 22 proyek jalan tol hanya Rp 135,2 miliar, di semester kedua ini tahun ini BPJT menyiapkan dana hingga Rp 2,4 triliun.

              

"Kita harapkan pengucurab dana pembebasan tanahnya selama periode Juni-Desember 2012 dapat terealisasi sebesar Rp 2,4 triliun. Pendanaan itu, akan diambil dari sisa dana BLU (Badan Layanan Umum) yang saat ini masih berkisar Rp 3,35 triliun," ujar Kepala BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), Ahmad Ghani akhir pekan lalu.

Target tersebut ditujukan untuk mencapai rencana operasional sebagian ruas pada 2014. Rencananya, pengguliran dana terbesar akan dialokasikan untuk ruas jalan tol di Jabodetabek yakni senilai Rp 1,27 triliun, kemudian Trans Jawa Rp 666,78 miliar, dan non Trans Jawa Rp 308,21 miliar.

Demi mempercepat target tersebut, saat ini BPJT terus mempercepat proses sosialisasi dan pengukuran di lapangan untuk menghindari tuntutan hukum yang bisa berujung konflik di masa mendatang. "Masyarakat juga harus mau berpartisipasi dan berkompromi dalam soal dana ganti tuga, ini agar pembayaran bisa segera dilakukan," sebutnya.

            

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tahun ini menyiapkan anggaran lebih dari Rp 2,5 triliun untuk biaya pembebasan lahan di 22 proyek jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News