Pastikan Bukan dari Konsleting Listrik

Pastikan Bukan dari Konsleting Listrik
Pastikan Bukan dari Konsleting Listrik
BANTEN -- Humas Daop 1 Jakarta Mateta Rijal Lumhak kepada wartawan mengatakan, api penyebab terbakarnya puluhan gerbong dipastikan bukan bersumber dari konsleting listrik, karena semua rangkaian kereta api sedang diistirahatkan. Sampai saat ini, pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran kereta api yang menghanguskan 20 gerbong kereta. Akibat kejadian tersebut, satu jadwal keberangkatan kereta api rangkaian nomor 901 mengalami penundaan pemberangkatan. Jadwalnya, pada pukul 5.20, tapi baru diberangkatkan pukul 7.00 menggunakan kereta bantuan dari Jakarta.

“Kita tidak mau berspekulasi terkait penyebab kebakaran. Tapi, yang pasti setelah rangkaian gerbong kereta dibersihkan oleh petugas pada pukul 11.00, kereta api dalam kondisi kosong. Kemungkinan besar api berasal dari orang yang tidur di gerbong kereta,” tuturnya.

Menurutnya, guna mengetahui penyebab pasti kebakaran, pihaknya sedang menunggu hasil penyelidikan dari Puslabfor Mabes Polri. Karena itu, semua pihak diminta tidak memberikan informasi yang salah kepada masyarakat. “Tunggu saja, nanti kita pasti ketahui apa penyebabnya,” tegas Mameta.

Guna meminimalisasi kejadian serupa dimasa mendatang, PT KAI akan mengupayakan penambahan petugas keamanan atau petugas jaga di stasiun. Karena, berdasarkan informasi yang dia terima, banyak warga yang sengaja menggunakan gerbong kereta api untuk tempat tidur. Sehingga, potensi kebakaran akibat lilin, obat nyamuk, dan rokok yang mereka gunakan dapat saja menjadi penyebab kebakaran.

BANTEN -- Humas Daop 1 Jakarta Mateta Rijal Lumhak kepada wartawan mengatakan, api penyebab terbakarnya puluhan gerbong dipastikan bukan bersumber

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News