Pastikan Laut Natuna Utara Aman, TNI AL Kerahkan 5 Kapal Perang

Pastikan Laut Natuna Utara Aman, TNI AL Kerahkan 5 Kapal Perang
Kapal Perang TNI AL. ILUSTRASI. FOTO: Dispen Koarmatim

jpnn.com, JAKARTA - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah memastikan perairan wilayah Natuna Utara Aman. 

Hal itu disampaikan Pangkoarmada I saat melakukan kunjungan komando ke garis depan di Laut Natuna guna memastikan kehadiran unsur TNI AL di daerah operasi, Kamis (16/9). 

Pangkoarmada I menyebutkan pihaknya mengerahkan sampai lima kapal perang Republik Indonesia (KRI), secara bergantian paling tidak ada tiga atau empat KRI berada di laut, sementara lainnya melaksanakan bekal ulang.

Hal itu bertujuan agar TNI AL tetap dapat memantau kapal-kapal yang kemungkinan memasuki perairan Indonesia. 

"Bahwa sikap TNI AL di Laut Natuna Utara sangat tegas melindungi kepentingan nasional di wilayah yurisdiksi Indonesia," kata Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah kepada wartawan. 

Dia menjelaskan sikap tegas itu sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi, sehingga tidak ada toleransi terhadap berbagai bentuk pelanggaran di Laut  Natuna Utara. 

Dia juga menyampaikan bahwa TNI AL dalam mengemban tugas berdasarkan pada Pasal 9 Undang-Undang No 34 Tahun 2004 tentang TNI khususnya tugas TNI matra laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum, dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional. 

"Mengacu pada undang-undang tersebut, TNI AL dalam hal ini Koarmada I melaksanakan tugas mengamankan perairan Laut Natuna Utara, dalam mengamankan laut Natuna utara dituntut kehadiran KRI selalu ada satu kali 24 jam di wilayah tersebut," tuturnya. (mcr8/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah memastikan perairan wilayah Natuna Utara aman dari kapal-kapal asing yang akan memasuki perairan Indonesia