Pasukan AS Berkemas Tinggalkan Irak

Pasukan AS Berkemas Tinggalkan Irak
Foto : AP
BAGHDAD - Tentara Amerika Serikat mulai berkemas-kemas untuk meninggalkan Irak. Ini merupakan bagian dari penarikan pasukan yang dianggap sebagai pemindahan pasukan dan peralatan terbesar dalam sejarah militer modern. Betapa tidak, penarikan tersebut meliputi pengapalan lebih dari 1,5 juta peralatan mulai dari tank hingga antena.

Operasi besar-besaran telah dimulai hingga setahun ke depan. 31 Agustus 2010 merupakan batas akhir bagi pemindahan seluruh pasukan tempur AS dari Irak. Ini  menunjukkan bahwa militer AS bertindak cepat dalam rencana keluar dari negeri 1001 malam itu yang telah menghabiskan dana miliaran dolar AS.

Brigjen Heidi Brown, wakil komandan yang memantau penarikan, kepada Associated Press mengatakan bahwa tujuan operasi ini adalah menarik puluhan ribu pasukan dan sekitar 60 persen peralatan militer keluar dari Irak pada penghujung Maret tahun depan.

Saban hari, terlihat iring-iringan kendaraan pasukan AS yang membawa beragam peralatan seperti kendaraan lapis baja hingga radio, melewati bagian selatan Irak menuju Kuwait dan padang pasir sebelah barat menuju Yordania sejak Presiden Barack Obama mengumumkan batas akhir penarikan 50 ribu pasukan tempur hingga 2011 sebagaimana hasil perjanjian keamanan AS-Irak.

BAGHDAD - Tentara Amerika Serikat mulai berkemas-kemas untuk meninggalkan Irak. Ini merupakan bagian dari penarikan pasukan yang dianggap sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News