Pasukan Ouattara Rebut Istana Presiden

Pasukan Ouattara Rebut Istana Presiden
Pasukan Ouattara Rebut Istana Presiden
ABIDJAN - Ketegangan masih meliputi Pantai Gading. Posisi Laurent Gbago, pemimpin yang ngotot bertahan di kursi presiden meski kalah dalam pilpres, semakin tersudut. Kemarin (5/4), pasukan Prancis-PBB yang mendukung kubu Alassane Ouattara, pemenang pilpres, sukses mengepung istana presiden.

Setelah istana presiden yang selama ini menjadi benteng pertahanannya direbut pasukan Ouattara, Gbagbo melunak. Apalagi, penasihat sekaligus sekutu terdekat tokoh 65 tahun itu sudah meninggalkannya. Kini, orang kepercayaan Gbagbo itu bersembunyi di kediaman duta besar Prancis untuk Pantai Gading.

Sadar tak punya lagi peluang untuk menang, Gbagbo pun lantas bersedia merundingkan kekalahannya. Dari dalam bungker istana presiden, dia memerintahkan tiga jenderalnya membahas exit strategy-nya. Terutama untuk menghentikan pertempuran yang sudah merenggut ratusan nyawa dan memaksa ribuan warga mengungsi tersebut.

"Sepertinya, kita akan segera mengakhiri krisis ini," papar Hamadoun Toure, jubir Misi PBB di Pantai Gading. Dia mengaku sudah menerima telpon dari tiga jenderal pilihan Gbagbo yang mengusung misi damai dari sang mantan presiden. Konon, tiga jenderal itu sudah siap menarik pasukannya dari medan pertempuran dan mengakhiri kontak senjata.

ABIDJAN - Ketegangan masih meliputi Pantai Gading. Posisi Laurent Gbago, pemimpin yang ngotot bertahan di kursi presiden meski kalah dalam pilpres,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News