Patahan Gringsing Berpotensi Menimbulkan Gempa, Ganjar: Tetap Tenang & Jangan Panik!

Patahan Gringsing Berpotensi Menimbulkan Gempa, Ganjar: Tetap Tenang & Jangan Panik!
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau patahan gringsing. Foto dok humas Pemprov Jateng

jpnn.com, BATANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik terkait temuan Patahan Gringsing, yang berpotensi menimbulkan gempa.

Hal itu disampaikan Ganjar, seusai memimpin Musrenbangwil Petanglong dan Bregasmalang yang digelar di Pendopo Bupati Batang, Rabu (15/3).

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menemukan adanya Patahan Gringsing ditemukan pada awal Maret kemarin dan berpotensi menimbulkan gempa.

Patahan Gringsing berada dalam area Patahan Weleri sepanjang 19 kilometer, melewati wilayah lautan dan daratan di sepanjang pantai Kabupaten Batang.

"(Warga) tidak perlu panik, nanti semua orang takut, tapi literasinya cukup dan cerdas menghadapi situasi ini," ujar Ganjar dalam keterangannya.

Terdapat delapan desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Batang yang dilalui patahan berpotensi menimbulkan gempa itu.

Untuk wilayah Kecamatan Gringsing, patahan melalui Desa Lebo, Desa Krengseng, Desa Ketanggan dan Desa Sawangan.

Pada umumnya, jelas Ganjar, letak geografis Indonesia memang berada di wilayah rawan bencana. Namun, kondisi tersebut jangan sampai membuat masyarakat cemas dengan adanya ancaman gempa.

Ganjar Pranowo meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik terkait temuan Patahan Gringsing, yang berpotensi menimbulkan gempa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News