Patung Garuda Wisnu Kencana, Ikon Baru Pulau Dewata

Patung Garuda Wisnu Kencana, Ikon Baru Pulau Dewata
Kepala patung Garuda Wisnu Kencana atau GWK sudah terpasang, Minggu (20/5). Foto: MIFTAHUDDIN/RADAR BALI/JPNN.com

jpnn.com, BADUNG - Sebentar lagi pengerjaan patung raksasa Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali, akan rampung.

Hari Minggu (20/5) telah dilakukan ritual pasupati, ngerestiti, pecaruan di pelataran patung dan pemasangan mahkota patung Dewa Wisnu. Prosesi ritual tersebut dipimpin oleh empat pedanda (pendeta Hindu) yang bertujuan nantinya untuk memohon keselamatan dan kelancaran penyelesaian patung GWK ini.

Prosesi ritual tersebut dipimpin empat orang pedanda. Ini mewakili Pedanda Siwa dan Buddha adalah Ida Pedanda Putra Telabah dari Giriya Telabah Denpasar, Ida Pedanda Oka Mas dari Griya Satira Denpasar, Ida Pedanda Gede Ngurah Putra Keniten dari Griya Kediri Sangeh, dan Ida Pedanda Budha dari Griya Gunung Sari Peliatan Ubud , serta Ida Rsi Agung Dawan Pemecutan yang melangsungkan upacara Puja Brahma di Pura Desa.

Ritual ini juga diisi Tarian Rejang Dewa dari Sanggar Paripurna Gianyar yang dipimpin I Made Sidia. Selain ritual keagamaan juga dilakukan pemasangan mahkota Dewa Wisnu dengan menggunakan peranti crane.

Pemasangan mahkota Dewa Wisnu jadi pemasangan modul yang ke-529, dari total 754 modul. Ini kelak kalau sudah kelar akan membentuk seluruh sosok patung GWK. Mahkota ini dilapisi mozaik emas dengan berat mahkota mencapai 3,5 ton.

Patung ini memang masih butuh pemasangan modul lagi. Belum kelar sepenuhnya. Karena total GWK akan disusun dari kepingan modul yang keseluruhan mencapai 754 buah.

Keberadaan patung ini setinggi 121 meter dari permukaan tanah atau 271 meter dari permukaan laut 9dpl). Karyawan yang dilibatkan dalam proses pembuatan patung dari awal hingga selesai sedikitnya 200 orang dari berbagai suku, agama dan ras.

“Perjuangan patung ini menelan waktu 28 tahun sejak digagas. Saya harus menjaga kesehatan. Dulu saya sama Pak Mangku Pastika (Gubernur Bali) pernah mengatakan. Pak, kita kan seumur, ini harus cepat selesai, ” jelas penggagas GWK Nyoman Nuarta, saat mengenang awal perjuangan pembuatan patung ini, kemarin, mengenang, dengan nada canda.

Patung Garuda Wisnu Kencana atau GWK akan menjadi ikon baru Pulau Dewata, saat ini dalam proses penyelesaian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News