Paulus Waterpauw Tiba di PLBN Sota Merauke, Nih Agendanya

Paulus Waterpauw Tiba di PLBN Sota Merauke, Nih Agendanya
Deputi II BNPP Kemendagri RI Komjen Pol (P) Drs. Paulus Waterpauw saat berada di titik 0 PLBN Sota, Merauke, Papua. Foto: Humas BNPP

jpnn.com, MERAUKE - Deputi II BNPP Kemendagri RI Komjen Pol (P) Paulus Waterpauw melakukan kunjungan kerja ke PLBN Sota Kabupaten Merauke, Papua, Senin (7/3).

Dalam kunjungan ini, Waterpauw meninjau langsung kondisi perbatasan antara Indonesia - PNG  serta pedagang di pasar Sota.

Waterpauw mengaku sudah menjadi kewajiban bagi BNPP untuk terus secara aktif mengunjungi pos-pos lintas batas dalam rangka menyerap berbagai masalah yang ada.

"PLBN Sota cukup baik termasuk infrastruktur apa yang menjadi kebijakan bapak presiden bahwa pos batas atau lintas batas adalah serambi terdepan dari negara. Saya pikir sudah bisa diwujudnyatakan di sini," ungkap Waterpauw.

Untuk kawasan perbatasan Sota, kata Waterpauw, perlu dilakukan pengembangan wisata budaya masyarakat.

Dia juga membeberkan bahwa peran serta masyarakat lokal dalam pengembangan ekonomi sangat baik, ini menjadi salah satu tolok ukur di mana Sota, PLBN yang terbaik.

"Saya melihat ada masyarakat lokal yang juga mau belajar dari pengalaman saudara kita yang lain mereka tumbuh berkembang menjadi mandiri," terang Waterpauw.

Sementara itu, Kepala Administrator PLBN Sota Ni Lu Puspa Jayaningsih mengakui Pos lintas batas negara Sota hanya melayani pelintas tradisional.

Meski demikian, pelayanan masih berjalan baik terutama untuk lintas batas di hari-hari Pasar Senin Rabu dan Jumat.

"Kami berharap setelah Papua Nugini mungkin buka atau pandemi menurun aktivitas bisa setiap berjalan normal naik hari pasar maupun layanan lainnya," ucapnya. (mcr30/JPNN.com)

Deputi II BNPP Kemendagri RI, Komjen Pol (P) Drs.Paulus Waterpauw melakukan kunjungan kerja di PLBN Sota sesuai harapan Presiden Jokowi.


Redaktur : Friederich
Reporter : Ridwan Sangaji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News