Paus Mundur, Aktivitas Umat Katolik tak Terganggu

Paus Mundur, Aktivitas Umat Katolik tak Terganggu
Paus Mundur, Aktivitas Umat Katolik tak Terganggu
JAKARTA--Meski mengejutkan, pengunduran diri Paus Benediktus XVI sebagai pemimpin tertinggi di Vatikan tidak berpengaruh terhadap segala aktivitas umat Katolik di Indonesia. Indonesia bahkan siap mengirimkan Kardinal sebagai sosok yang memiliki hak dipilih dan memilih penggantinya.

     

Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan (HAK) Konferensi Waligereja Indonesia, Romo Benny Susetyo, mengatakan pengunduran diri Paus bisa diterima semua pihak sebab memang diatur secara hukum untuk melakukan itu. "Memang biasanya sampai meninggal. Tetapi sudah ada enam Paus yang mengundurkan diri," ujarnya kepada Jawa Pos, Rabu (12/2).

Maka menurutnya tidak ada pengaruh kepada segala aktivitas umat Katolik dan gereja Katolik di dunia, termasuk di Indonesia. "Semua berjalan normal seperti biasa. Apalagi setelah total berhenti pada tanggal 28 Februari nanti akan langsung digelar acara pemilihan penggantinya," terusnya.

Indonesia dijadwalkan akan terlibat dalam pemilihan itu diwakili Romo Kardinal Julius Darmaatmadja. "Beliau kemungkinan yang akan berangkat. Beliau memang sudah pensiun sebagai uskup tetapi masih berhak dipilih dan memilih. Usia beliau masih di bawah 80 tahun (79 tahun)," ungkap Benny.

JAKARTA--Meski mengejutkan, pengunduran diri Paus Benediktus XVI sebagai pemimpin tertinggi di Vatikan tidak berpengaruh terhadap segala aktivitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News