Paus Pimpin Misa Malam Natal

Paus Pimpin Misa Malam Natal
Paus Benedictus XVI saat memimpin misa Malam Natal di Basilika St Petrus, Vatikan, Senin (24/12) malam waktu setempat. Foto: AP Photo/Gregorio Borgia
VATIKAN - Paus Benediktus XVI memimpin misa malam Natal di Basilika St Petrus. Ribuan orang yan terdiri dari wisawatan, warga Italia ataupun penganut Katholik hadir pada misa yang dimulai pukul 22.00 Senin (24/12) malam waktu setempat.

Paus memimpin misa dengan jubah berwarna keemasan. Misa itu memang sudah menjadi tradisi di Vatikan. 

Namun tahun lalu, Vatikan mengubah jadwal agar Paus bisa beristirahat setelah misa, sebelum menyampaikan pesan Natal di balkon basilika. Paus dengan wajah tersenyum melambaikan tangannya ke arah bidikan kamera para pengunjung.

Di bawah teukan tangan pengunjung, Paus berjalan di lorong tengah basilika menuju altar untuk memimpin misa. Paus dipandu oleh pembantunya yang berkaus tangan. Ini dimaksudkan agar pemimpin tertinggi Umat Kahtolik se-dunia berusia 85 tahun itu bisa menghemat energi.

VATIKAN - Paus Benediktus XVI memimpin misa malam Natal di Basilika St Petrus. Ribuan orang yan terdiri dari wisawatan, warga Italia ataupun penganut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News