PBB Harus Cegah Perang Terbuka di Gaza

PBB Harus Cegah Perang Terbuka di Gaza
Tiga anak Israel mengamati peluncur roket. Foto: EPA
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono khawatir rangkaian serangan udara Israel ke kawasan Nazila, Palestina, akan kembali memicu perang terbuka seperti yang terjadi di penghujung tahun 2008 sampai awal 2009. Dalam pertempuran itu, penduduk sipil yang oleh SBY disebut "the innocent people" justru menjadi korban terbesar.

"Kita masih ingat tahun 2008-2009. Konflik itu hanya berlangsung selama tiga minggu dan satu hari. Tapi, korban yang meninggal ribuan, yang terluka ribuan, rumah dan gedung yang hancur ribuan. Dan, hampir semua adalah penduduk sipil," kata SBY di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur,Sabtu (17/11).

SBY berharap Dewan Keamanan PBB bersama negara-negara di kawasan Timur Tengah mendorong Israel untuk menghentikan semua aksi militer. Terutama serangan udara yang masih terus berlangsung.

"Setelah itu kedua belah pihak harus mencegah aksi-aksi baru yang bisa memunculkan konflik, apalagi peperangan yang luas," tegasnya.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono khawatir rangkaian serangan udara Israel ke kawasan Nazila, Palestina, akan kembali memicu perang terbuka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News