PBB Minta Korea Utara Menahan Diri

PBB Minta Korea Utara Menahan Diri
Pos penjagaan militer Korea Selatan (bawah) dan Korea Utara (atas) di perbatasan Paju. Foto: Jung Yeon-Je/AFP

jpnn.com - THE United Nations Command (UNC) mulai aktif menawarkan diri menjadi penengah ketegangan di Semenanjung Korea. Para pimpinan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) itu mengusulkan pembicaraan tingkat kerja dengan Korea Utara.

Dikutip dari Yonhap, Sabtu (22/8), PBB telah mengirim pesan kepada Korea Utara untuk mengadakan dialog dengan  Pyongyang.

"PBB menyerukan Korea Utara untuk menahan diri dari memburuknya situasi di semenanjung itu. Usul untuk mengadakan dialog telah dikirim," ujar sumber dari PBB.

Saat ini ketegangan di Semenanjung Korea masih tinggi. Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un telah memerintahkan pasukan garis depan untuk memiliki kesiapan tempur penuh melawan Korea Selatan. Di sisi lain, Presiden Korsel, Park Geun-hye juga tak gentar dan mengingatkan tentaranya untuk siap membalas semua kemungkinan serangan dari Utara.

Duo Korea secara teknis masih dalam status perang sejak Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai. (adk/jpnn)

THE United Nations Command (UNC) mulai aktif menawarkan diri menjadi penengah ketegangan di Semenanjung Korea. Para pimpinan Persatuan Bangsa-Bangsa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News