PBB Resmikan 'Tahun Biodiversity'

PBB Resmikan 'Tahun Biodiversity'
Foto: AFP.
BERLIN - PBB telah mendeklarasikan 2010 ini sebagai sebagai Tahun Internasional Biodiversity (Keberagaman Biologis). Pendeklarasikan itu disebutkan bertujuan guna meningkatkan kepedulian atas terus punahnya berbagai spesies serta dampaknya terhadap populasi dunia.

Sebagaimana diberitakan situs Al Jazeera, Senin (11/1) siang WIB, Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Kanselir Jerman Angela Merkel, secara resmi akan meluncurkan kampanye tersebut di Berlin, Jerman, Senin ini waktu setempat. Keduanya sekaligus bakal menggarisbawahi betapa manusia telah membuat punah berbagai spesies dalam waktu 1.000 kali lebih cepat daripada jika (proses) itu terjadi secara alamiah.

Berbicara soal konsekuensi pertumbuhan populasi (umat manusia), Ban sebelumnya sudah mengeluarkan pernyataan soal kepunahan habitat, serta betapa "bermacam ragam potensi dan produk-produk lingkungan yang (selama ini) kita ambil begitu saja tengah terancam".

"Di Tahun Internasional (Biodiversity) ini, kita harus mematahkan persepsi bahwa manusia terputus dari lingkungan alamiahnya. Di tahun 2010, saya menyerukan kepada semua negara dan setiap warga planet ini, untuk terlibat dalam persatuan global demi melindungi kehidupan di bumi," katanya.

BERLIN - PBB telah mendeklarasikan 2010 ini sebagai sebagai Tahun Internasional Biodiversity (Keberagaman Biologis). Pendeklarasikan itu disebutkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News