PBB Tak Berbuat Apa-Apa, Rakyat Myanmar Penentang Kudeta dalam Bahaya

PBB Tak Berbuat Apa-Apa, Rakyat Myanmar Penentang Kudeta dalam Bahaya
Sejumlah orang menghadiri proses pemakaman Kyal Sin (19) alias Angel, seorang pengunjuk rasa yang tewas tertembak oleh pihak militer saat berunjuk rasa menentang kudeta militer di Mandalay, Myanmar, Kamis (4/3/2021). Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/wsj

jpnn.com, YANGON - Pasukan keamanan Myanmar mengepung kompleks staf pekerja kereta api yang mogok dalam rangka menentang junta militer, Rabu (10/3).

Di New York, Dewan Keamanan PBB gagal menyepakati pernyataan yang akan mengutuk kudeta di Myanmar, menyerukan pengekangan oleh militer dan mengancam akan mempertimbangkan "tindakan lebih lanjut."

Pembicaraan tentang pernyataan itu kemungkinan akan berlanjut, setelah China, Rusia, India dan Vietnam pada Selasa malam menyarankan amandemen terhadap draf yang disusun Inggris.

Salah satu yang diusulkan adalah penghapusan referensi untuk kudeta dan ancaman untuk mempertimbangkan tindakan lebih lanjut.

Staf kereta api di Yangon adalah bagian dari gerakan pembangkangan sipil yang telah melumpuhkan bisnis pemerintah dan termasuk pemogokan di bank, pabrik, dan toko sejak tentara menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi dalam kudeta pada 1 Februari.

Pasukan keamanan telah menindak dengan kekuatan yang meningkat setiap hari, protes nasional, meninggalkan negara Asia Tenggara itu dalam kekacauan.

Lebih dari 60 pengunjuk rasa telah tewas dan 1.900 orang telah ditangkap sejak kudeta, kata Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, sebuah kelompok advokasi.

Rekaman yang diunggah di media sosial menunjukkan pasukan keamanan di dekat kompleks staf kereta api. Satu orang yang terlibat dalam pemogokan mengatakan melalui telepon bahwa mereka khawatir akan segera ditindak dengan kekerasan.

Di saat para diplomat di PBB sibuk berdebat, ribuan warga Myanmar penentang junta militer menghadapi bahaya yang makin besar

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News