PD Minta Jokowi Naikkan Harga BBM Tahun Depan

PD Minta Jokowi Naikkan Harga BBM Tahun Depan
PD Minta Jokowi Naikkan Harga BBM Tahun Depan

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrat (PD) mengisyaratkan bakal menolak rencana pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu menilai kenaikan harga BBM tidak tepat di terapkan pada tahun ini.

Menurut Ketua DPP PD, Khatibul Umam Wiranu, isu kenaikan BBM sempat disinggung dalam pertemuan anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD) dengan SBY, Rabu (12/11) malam di Cikeas. Dalam pertemuan itu, kenaikan BBM dari segi waktu (timing) kurang tepat.

"Tahun 2014 tersisa waktu satu bulan lagi, pertanyaanya, tepat enggak kalau naik sekarang? Kita bilang waktunya kurang tepat," kata Khatibul saat dihubungi, Kamis (12/11).

Anggota DPR itu menjelaskan, salah satu pertimbangan partainya menolak rencana kenaikan harga BBM didasari harga minyak dunia yang sedang turun. Karenanya, tidak elok jika pemerintah justru menaikan harga BBM.

Selain itu, keterbatasan anggaran untuk mendanai kompensasi kenaikan BBM juga menjadi salah satu alasan penolakan. Menurut Khatibul, dana di APBN 2014 yang bisa digunakan untuk kompensasi hanya Rp 5 triliun saja. "Kalau kita lihat kan kompensasinya dalam bentuk kartu, untuk nyetak kartunya saja sudah habis miliaran," jelasnya.

Karenanya PD menyarankan pemerintah untuk menaikan harga BBM tahun depan. Dengan begitu, pemerintah bisa melakukan persiapan lebih baik dan tidak terhalang keterbatasan anggaran.(dil/jpnn)
 


JAKARTA - Partai Demokrat (PD) mengisyaratkan bakal menolak rencana pemerintah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Partai pimpinan Susilo Bambang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News