PDI Perjuangan Jakarta Tegas Menolak Timnas Israel Ikut Serta di Piala Dunia U-20

PDI Perjuangan Jakarta Tegas Menolak Timnas Israel Ikut Serta di Piala Dunia U-20
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) merupakan satu venue yang diajukan menggelar pertandingan Piala Dunia U-20. FOTO: ANTARA/Puspa Perwitasari/wsj.

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DKI Jakarta menolak keikutsertaan tim nasional sepak bola Israel di Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Jakarta.

Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Ady Widjaja mengungkapkan alasan pihaknya menolak Timnas Israel ialah sesuai dengan nilai dasar Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia 1945 yang menentang praktik kolonialisme atau imperialisme.

Hal itu didasari niat untuk melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

“Menolak keikutsertaan Timnas Sepak bola Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20, yang diselenggarakan di Jakarta,” ucap Ady dalam keterangannya, Kamis (23/3).

Dia menuturkan sejarah Indonesia dalam memainkan peran politik luar negerinya yang bebas aktif, dapat ditilik pada sikap yang tegas dengan meniadakan hubungan diplomatik pada negara yang melakukan praktik kolonialisme seperti Israel.

Anak buah Megawati Soekarnoputri itu juga meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan Koordinasi dengan Pemerintah Pusat, Kementerian Pemuda dan Olahraga, PSSI dan semua pihak yang terlibat.

“Berkaitan dengan penyelenggaraan perhelatan Piala Dunia U-20 yang menekankan menolak kehadiran Timnas Israel,” kata dia.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga menolak kedatangan Timnas Israel U-20 ke Indonesia.

DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta menolak keikutsertaan tim nasional sepak bola Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News