PDIP Bangun Betang Megah di Kalteng untuk Kandang Banteng

PDIP Bangun Betang Megah di Kalteng untuk Kandang Banteng
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor DPD PDIP Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Sabtu (26/10). Foto: Ayotollah Antoni/JPNN.com

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus memperkuat diri melalui infrastruktur kepartaian. Dalam rangka itu pula keberadaan kantor partai menjadi urgen untuk menggelar berbagai kegiatan kepartaian.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, keberadaan kantor partai sangat penting untuk pergerakan parpol pemenang Pemilu 2014 dan 2019 tersebut. Berbicara pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor DPD PDIP Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Sabtu (26/10), Hasto mengatakan bahwa berpartai bukan hanya soal kekuasaan, tetapi juga berkebudayaan.

“Oleh karena itu, PDI Perjuangan harus menata diri. Proses kelembagaan melalui kaderisasi sehingga kantor partai menjadi sangat vital bagi pergerakan kita,” ujar Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu lantas mengutip pesan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hasto menuturkan, kantor partai merupakan aset. “Maka Ibu (Megawati, red) berpesan jangan lupa kantor partai dicatat sebagai aset,” tegasnya.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan PDIP dalam Kongres V di Bali beberapa bulan lalu menegaskan diri sebagai partai pelopor. Menurutnya, partai pelopor memiliki dua ciri.

Yang pertama adalah keberadaan kantor partai sebagai pusat pendidikan politik kader partai. Berdasar survei, katanya, sebagian besar kepala daerah yang berkomitmen terhadap Pancasila, NKRI dan menjalankan konstitusi merupakan kader PDIP.

“Kepala daerah terbaik sebagian besar dari PDI Perjuangan. Kenapa, karena bagi kita proses penyiapan kaderisasi politik dilakukan dengan benar,” tuturnya.

Adapun ciri kedua partai pelopor adalah memiliki sumber daya manusia (SDM) yang andal. “Maka dengan kantor baru, rekrutmen, kaderisasi dan advokasi rakyat bisa dilakukan sebaik-baiknya,” tuturnya.

PDIP terus memperkuat diri dengan membangun Betang Megah di Kalteng untuk Kandang Bateng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News