PDIP Cari Figur Muda untuk Cawapres

PDIP Cari Figur Muda untuk Cawapres
PDIP Cari Figur Muda untuk Cawapres

jpnn.com - JAKARTA- Capres dan Cawapres dari kalangan muda tidak sekedar menimbulkan konrtoversi. Tetapi, juga menjadi tren sejumlah Parpol untuk menarik perhatian konstituen. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) termasuk Parpol yang agresif menawarkan figur muda untuk mendampingi Calon Presiden yang sudah diusungnya Megawati Soekarno Putri.

            Sampai sejauh ini, PDI Perjuangan memang belum menyebut nama figur muda yang bakal  disandingkan dengan Megawati. ‘’Kami menginginkan munculnya sejumlah nama dari kalangan muda untuk dipasangkan dengan Ibu Megawati Soekarno Putri pada Pilpres 2009 mendatang,’’ kata Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDI Perjuangan Taufik Kiemas di Jakarta.

            TK – begitu Taufik Kiemas  biasa dipanggil -menjelaskan, jauh sebelum munculnya wacana kombinasi pasangan tua muda untuk capres-cawapres yang tampil 2009 nanti, PDI Perjuangan sebenarnya sudah merintis sejak awal.  “Kita memang ingin memasangkan Ibu Mega dengan figur yang berasal dari kalangan muda,” ujar TK yang didampingi Helmi Fauzi, Direktur Mega Institute.

            Keinginan memasangkan cawapres dari kalangan muda itu, lanjut TK, adalah untuk mengantisipasi regenerasi paska 2014. “Kalau Ibu Mega terpilih pada Pilpres 2009 nanti, itu adalah jalan untuk membukakan pintu bagi munculnya tokoh-tokoh muda pada tahun 2014. Jadi tahun 2014 itu adalah eranya tokoh-tokoh muda,” tandas TK.

            Menyoal siapa cawapres yang berpotensi dipasangkan dengan Megawati, TK mengatakan terbuka peluang bagi siapa saja, asal memiliki komitmen yang jelas terhadap pluralisme dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita harus bangun koalisi yang sehat dengan partai-partai lain. PDI Perjuangan tak mau memimpin sendirian, meskipun terbuka peluang untuk itu. Tetapi memang lebih elok kalau cawapresnya dari luar PDI Perjuangan,” imbuhnya.

            Selain menyiapkan cawapres dari kalangan muda, paparnya, PDI Perjuangan juga serius menyiapkan kalangan muda untuk menjadi calon legislatif. “Hampir 70 persen bakal calon legislatif yang maju dari PDI Perjuangan berasal dari kalangan muda,” pungkas TK.

 Persepsi Publik

JAKARTA- Capres dan Cawapres dari kalangan muda tidak sekedar menimbulkan konrtoversi. Tetapi, juga menjadi tren sejumlah Parpol untuk menarik perhatian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News