PDIP Dukung Penuh Calon Kapolri Usulan Jokowi

PDIP Dukung Penuh Calon Kapolri Usulan Jokowi
PDIP Dukung Penuh Calon Kapolri Usulan Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung sepenuhnya keputusan Presiden Joko Widodo yang telah mengusulkan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian RI ke DPR. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menganggap penunjukan Budi sebagai calon tunggal Kapolri bukanlah hal aneh.

"Penunjukkan itu tidaklah aneh. Praktek politik di manapun presiden selalu menunjuk orang yang sudah dikenal kepemimpinan dan profesionalitasnya untuk membantu presiden," kata pelaksana tugas (Plt) Sekjen PDIP, Hasto Kristianto di Jakarta, Minggu (11/1).

Hasto menegaskan, keputusan Presiden Jokowi juga sudah sesuai peraturan yang ada. Selain itu, Hasto juga mengakui bahwa Jokowi sudah mengenal sosok Budi.

"Presiden Joko Widodo sudah lama mengenal Pak Budi Gunawan. Meskipun demikian seluruh tahapan sesuai undang-undang sudah dijalankan, termasuk dari institusi Polri sendiri," kata Hasto.

Terkait berbagai kritik yang muncul, Hasto berpendapat bahwa itu hal yang wajar.  Yang penting, kata dia, komitmennya untuk mewujudkan institusi Polri agar semakin kredibel, berwibawa, dan profesional betul-betul dilaksanakan.

"Di tangan yang tepat, Polri dapat mewujudkan dirinya sebagai institusi penegak hukum yang menempatkan hukum yang berkeadilan. Selain tugas pokok lainnya di dalam memastikan rasa aman dan ketentraman masyarakat," jelas Hasto.

PDI Perjuangan percaya bahwa ketika Presiden Jokowi  mengambil keputusan pasti melalui pertimbangan yang matang dan dipastikan juga menerapkan target-target dan agenda yang harus dijalankan oleh Kapolri yang baru. "Atas dasar hal itu, kami mendukung sepenuhnya keputusan presiden tersebut," tambah Hasto.

Jadi, kata Hasto, tahapan selanjutnya tentunya adalah proses politik di DPR RI. "Kami berharap agar apa yang selama ini sudah berjalan, dimana secara musyawarah DPR menyepakati calon Kapolri yang ditunjuk oleh presiden dapat menjadi bagian dari tradisi dalam penetapan Kapolri. PDIP tentu akan proaktif melakukan komunikasi politik," ujar Hasto.(boy/jpnn)

JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung sepenuhnya keputusan Presiden Joko Widodo yang telah mengusulkan Komisaris Jenderal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News