PDIP Gelar Psikotes Puluhan Ribu Caleg, Semangat Antikorupsi Digelorakan

PDIP Gelar Psikotes Puluhan Ribu Caleg, Semangat Antikorupsi Digelorakan
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - DPP PDI Perjuangan menggelar psikotes terhadap 26 ribu lebih bakal calon anggota legislatif (caleg) mulai pada Jumat (14/10).

Psikotes dilakukan secara daring, mulai hari ini hingga Sabtu (5/11).

"Ketua DPP Bidang Ideologi Pak Djarot Saiful Hidayat akan membuka pelaksanaan psikotes hari pertama siang ini," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Surabaya, Jumat (14/10).

Hasto mengatakan psikotes ini akan memuat semangat antikorupsi melalui berbagai langkah. Dari mengeluarkan berbagai aturan mengenai sanksi hingga langkah-langkah perekrutan kader. Salah satu metode sains yang digunakan adalah psikotes.

Politikus asal Yogyakarta itu mengatakan pihaknya pernah bertemu dengan para ahli dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

PDIP mempertanyakan apakah psikotes mampu mengetahui dan membaca indikasi apakah seorang kader yang akan ditugaskan, baik di parlemen maupun eksekutif, punya kecenderungan korupsi.

Ternyata para ahli itu menyebut bahwa psikotes belum bisa memberi jawaban atas hal itu. Namun psikotes bisa mencapai hingga mengetahui sejauh mana komitmen seseorang terhadap berbagai aspek, termasuk nilai antikorupsi.

Karena itu, PDIP tetap menggunakan metode psikotes dan yang kali ini menandai 10 tahun PDIP menggunakannya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan psikotes ini akan memuat semangat antikorupsi melalui berbagai langkah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News