PDIP Genjot Konsolidasi demi Memenangi 11 Pilkada di Papua

PDIP Genjot Konsolidasi demi Memenangi 11 Pilkada di Papua
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (berbaju hitam) saat hadir pada acara Rakerdasus DPD PDIP Papua di Jayapura, Jumat (16/9). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Papua menggelar rapat kerja daerah khusus (rakerdasus) untuk persiapan pilkada 2017 di Jayapura, Jumat (16/9). Rakerdasus itu sekaligus sebagai ajang deklarasi bagi para calon kepala daerah asal PDIP yang akan bertarung pada pilkada di 10 kabupaten dan 1 kota.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang membuka rakerdasus itu mengatakan, seluruh kader partainya di Papua harus bergotong royong untuk bisa memenangi pilkada di 10 kabupaten dan 1 kota. “Semangat gotong royong ini untuk menekan biaya kampanye dan menghindari adanya investor politik yang bisa menggangu pasangan calon bila kelak terpilih,” ujar Hasto sebagaimana siaran pers DPP PDIP.

Hasto datang ke Papua bukan hanya untuk membuka rakerdasus, tetapi juga menyerahkan rekomendasi tentang nama bakal calon kada di pilkada kabupaten/kota di Papua yang akan diusung PDIP. Selain itu, seluruh calon kada yang diusung PDIP harus menandatangani pernyataan di atas kertas bermaterai. Isinya adalah komitmen untuk memperjuangkan tindak lanjut deklarasi itu sesuai aturan yang berlaku.

Sedangkan  Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Watubun mengatakan, penyerahan rekomendasi dan pembacaan deklarasi itu sebagai bentuk pertanggungjawaban partainya terhadap publik. Yakni tentang adanya mekanisme berjenjang dalam penjaringan bakal calon, hingga keluarnya rekomendasi tentang nama yang akan diusung.

“Setelah rekomendasi diberikan, saatnya seluruh kader merapatkan barisan menangkan pilkada di Papua. DPP PDIP telah membekali para calon melalui sekolah partai,” ujar Komarudin.

Politikus asal Papua yang juga dipercaya memimpin Sekolah Partai PDIP itu menegaskan, kini kader-kader partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu harus menggenjot konsolidasi. Para calon kada yang mengikuti sekolah partai beberapa waktu lalu pun sudah seharusnya menerapkan ilmu yang telah diperoleh untuk memenangi pilkada.

“Para kader jangan tidur. Saatnya konsolidasi,” lanjutnya.

Sedangkan Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop yang hadir pada Rakerdasus DPD PDIP Papua diminta untuk menyampaikan testimoni tentang sekolah yang digelar partai pemenang Pemilu 2014 itu. Benediktus mengatakan, cara pandangnya tentang upaya memenangi pilkada berubah setelah mengikuti sekolah partai yang digelar PDIP di Depok, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

JAKARTA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Papua menggelar rapat kerja daerah khusus (rakerdasus) untuk persiapan pilkada 2017 di Jayapura,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News