PDIP Minta Penjabat Gubernur DKI Mengaudit Pembangunan JIS

PDIP Minta Penjabat Gubernur DKI Mengaudit Pembangunan JIS
Jakarta International Stadium (JIS). Ilustrasi Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan konsultan bangunan asal Inggris, Buro Happold ikut terseret dalam polemik kualifikasi Jakarta International Stadium (JIS) untuk Piala Dunia U-17.

Buro Happold dalam keterangan resminya pada Minggu (9/7), menyebut proyek Jakarta International Stadium (JIS) tidak sesuai dengan konsep desain orisinal dari Buro Happold.

Pernyataan Buro Happold ini sekaligus mengklarifikasi bahwa pihaknya disebut-sebut oleh sebagian kalangan yang menilai JIS telah berstandar FIFA.

Menindaklanjuti pernyataan itu, Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Rio Sambodo mendorong Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengaudit total pembangunan JIS karena dinilai banyak kejanggalan.

Pasalnya, Jakarta Konsultindo (Jakkon) selaku anak usaha PT Jakarta Propertindo (Jakpro) perlu meluruskan detail proyek pembangunan JIS agar tak jadi polemik berkepanjangan.

“Konkretnya harus ada penanganan teknis secara mendasar baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk sarana prasarana serta audit total dari aspek perencanaan maupun pembangunannya,” ujar Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Rio Sambodo, dalam keterangannya pada Senin (10/7/2023).

“Bentuk Pansus JIS jika dipandang perlu,” ujar Rio.

Rio lantas mempertanyakan siapa sebenarnya yang mendesain JIS. Hal itu kemudian menjadi pintu pembuka bagi pemerintah pusat dan DKI Jakarta untuk mengaudit proyek JIS.

Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Rio Sambodo mendorong Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengaudit total pembangunan JIS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News