Politikus PDIP Sebut Ada Malapraktik Pembangunan JIS di Tangan Anies

Politikus PDIP Sebut Ada Malapraktik Pembangunan JIS di Tangan Anies
Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo menduga adanya malapraktik dalam pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Hal ini diutarakannya lantaran perusahaan jasa desain, rekayasa, dan konsultansi Buro Happold mengaku pembangunan JIS tidak sesuai dengan panduan desain yang mereka berikan.

“Ini menegaskan bahwa ada malapraktik dalam perencanaan dan pembangunan JIS. Tidak mengherankan jika banyak sekali kekurangan fasilitas JIS dan jauh dari standar internasional,” ucap Rio saat dihubungi, Senin (10/7).

Menurut Rio, beberapa hal memang tak sesuai dengan panduan desain dari Buro Happold antara lain, pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide), penilaian untuk soal teknis, dan komersial (technical and commercial assessment).

Kemudian, konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion (concept masterplan for the surrounding area) dan peta jalan implementasi proyek (implementation roadmap).

“Konkretnya harus ada penanganan teknis secara mendasar baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk sarana prasarana. Serta audit total dari aspek perencanaan maupun pembangunannya,” kata dia.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta itu mengusulkan agar dibentuk panitia khusus (pansus) DPRD untuk menelusuri adanya kesalahan dalam pembangunan JIS.

“Bentuk Pansus JIS jika dipandang perlu. Apalagi ini sudah menggunakan banyak uang rakyat kan sekitar Rp 4,4 triliun dari PEN dan APBD DKI,” tuturnya.

Dwi Rio Sambodo menduga adanya malapraktik dalam pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News