Purnawirawan TNI-Polri Dukung Anies Karena Prihatin Lihat Kondisi Negara

Purnawirawan TNI-Polri Dukung Anies Karena Prihatin Lihat Kondisi Negara
Koordinator FP3 Letnan Jenderal TNI (Purn) Ediwan Prabowo saat membacakan isi deklarasi dukungan Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri Untuk Perubahan di Hotel Yuan Garden, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

jpnn.com - JAKARTA - Sejumlah purnawirawan TNI dan Polri menyatakan dukungan bagi Anies Baswedan maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Para purnawirawan ini tergabung dalam Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri Untuk Perubahan (FP3).

ada sekitar 170 purnawirawan yang mendeklarasikan dukungan untuk Anies di Hotel Yuan Garden, Jakarta, Kamis (6/7).

Koordinator FP3 Letnan Jenderal TNI (Purn) Ediwan Prabowo mengatakan dukungan dilandasi keprihatinan.

Mereka prihatin terhadap kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini yang belum mencerminkan keadaan seperti diharapkan.

"Praktik hukum dan pengelolaan pemerintahan tidak berpihak pada rakyat dan merugikan negara, serta kekhawatiran kuat terjadinya perpecahan serius antar anak bangsa," ujar Ediwan dalam konferensi pers.

FP3 berharap adanya pemerintahan baru dengan visi perubahan dapat menyatukan kembali anak bangsa, memperbaiki semua masalah yang merugikan negara dan mampu membawa Indonesia yang lebih baik
dan sejahtera.

Dia mengajak semua elemen bangsa dan negara untuk bisa bersama menjaga keamanan dan kedamaian dalam kontestasi Pemilu 2024.

DIa mengingatkan agar tidak ada kerusuhan dan perpecahan antaranak bangsa.

FP3 juga berharap semua elemen bangsa dapat bahu-membahu menjaga Pemilu 2024 yang jujur, adil, bebas, rahasia dan demokratis.

Untuk itu, pemerintah dan penyelenggara pemilu berperan dalam mewujudkan dan menjaga rasa aman serta damai.

Di sisi lain, Ediwan berharap tiga partai dalam Koalisi Perubahan Untuk Persatuan yang terdiri atas Partai NasDem, Demokrat dan PKS dapat segera mengumumkan sosok kandidat wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan.

"FP3 berharap tiga partai yang tergabung dalam KPP bisa segera membentuk sekretariat bersama Anies Baswedan agar segera mengumumkan calon wakil presiden yang akan mendampinginya," ucapnya.

FP3 merupakan forum bersama Purnawirawan Perwira Tinggi TNI dan Polri lintas angkatan (masa kelulusan) dan lintas matra (AD,AL AU, POLRI) dari pangkat bintang satu sampai bintang tiga.

"FP3 mengimbau dan mengingatkan kepada anggota TNI-Polri aktif, ASN serta pejabat negara dan pejabat pemerintahan untuk benar-benar bersikap netral dan menjadi contoh netralitasnya dalam penyelenggaraan Pemilu 2024," kata Ediwan. (Antara/jpnn)


Sejumlah purnawirawan TNI-Polri dukung Anies Baswedan maju Pilpres 2024 karena prihatin melihat kondisi negara saat ini.


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News