PDIP Minta Pemprov DKI Lebih Waspada Menghadapi Hepatitis Akut

PDIP Minta Pemprov DKI Lebih Waspada Menghadapi Hepatitis Akut
Anggota DPRD komisi D sekaligus Kepala Baguna PDIP DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth dalam acara konsolidasi internal partai PDI-P terhadap penyakit hepatitis, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar lebih waspada  dan sigap menghadapi penyebaran penyakit hepatitis akut misterius. 

"Di samping itu, tetap melakukan upaya pengendalian Covid-19 dengan mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," kata Kenneth dalam keterangannya, di Jakarta, Sabtu.

Legislator PDIP itu menyebutkan upaya tahap awal adalah dengan cara melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta harus melibatkan seluruh elemen dalam sosialisasi dan mengedukasi tentang hepatitis akut misterius ini kepada masyarakat agar bisa menghentikan berkembangnya penyakit tersebut.

"Termasuk seluruh unsur yang terlibat sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang ada di tengah masyarakat," kata kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan DKI Jakarta, itu.

Lalu, lanjut dia, Pemprov DKI harus bisa memberikan perlindungan awal bagi masyarakat yang rentan dengan membantu ketersediaan vitamin, dan makanan bergizi bagi ibu hamil, ibu menyusui, batita, balita, lansia dengan kategori ekonomi lemah.

"Pemprov DKI harus lebih waspada dan berikan upaya perlindungan kepada masyarakat rentan Jakarta seperti memberikan vitamin dan makanan yang bergizi. Dan saya imbau harus disiplin menerapkan PHBS," tuturnya. 

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI (IKAL) PPRA Angkatan LXII itu berpesan apabila masyarakat menemui gejala yang mengarah ke hepatitis pada anak, segera periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, agar bisa dilakukan observasi dan tindakan.

Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Hardiyanto Kenneth mengingatkan Pemprov DKI Jakarta agar lebih waspada menghadapi penyebaran hepatitis akut. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News