PDIP Panen Kemenangan di Pilkada

PDIP Panen Kemenangan di Pilkada
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan mendulang sukses dari hasil pilkasa serentak yang digelar Rabu (9/12). Sebab, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu bisa melampaui target.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, dari 264 pilkada, partainya sebenarnya menargetkan hanya menang di 156 daerah. Namun, PDIP justru menang di 160 pilkada. “Ini di atas target kami," katanya dalam jumpa pers di DPP PDIP Jakarta Pusat, Kamis (10/12).

Ia menambahkan, target yang bisa dicapai di pilkada itu akan memudahkan PDIP untuk menerapkan gagasan tentang peogram pembangunan semesta berencana. Program itu merupakan konsep pembangunan yang pernah digulirkan di era Presiden Soekarno.

Hasto menegaskan, dengan sebagian besar daerah menerapkan konsep pembangunan semesta berencana maka upaya menjadikan Indonesia mandiri di bidang ekonomi, berdaulat secara politik dan berkepribadian di bidang budaya akan lebih mudah.  "Kami konsisten untuk melakukan pembangunan semesta berencana, sehingga konsep Trisakti dari Bung Karno dapat dilaksanakan," imbuhnya.

Dalam kesempatan sama, Ketua DPP PDIP Andreas H Pareira menjelaskan, partainya bisa memenangkan kader sendiri di 86 pilkada. Dari jumlah itu, ada 20 pilkada yang dimenangkan PDIP tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Sedangkan untuk 73 pilkada lainnya, PDIP bisa menjadi partai pengusung utama. Sebab, kursi PDIP di DPRD berbagai daerah melebihi 15 persen. “Ada 73 daerah di mana PDIP menjadi pengusung utama,” katanya.(ara/JPNN)


JAKARTA - PDI Perjuangan mendulang sukses dari hasil pilkasa serentak yang digelar Rabu (9/12). Sebab, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News