PDIP Papua Punya Ketua Baru setelah 20 Tahun Dipimpin Komarudin

PDIP Papua Punya Ketua Baru setelah 20 Tahun Dipimpin Komarudin
Pelaksana tugas Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto (paling kanan) bersama Ketua DPP PDIP bidang organisasi, Komaruddin Watubun dan ketua DPD PDIP Papua yang baru, Edoardus Kaize. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.Com

jpnn.com - MERAUKE - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PP PDI Perjuangan Provinsi Papua akhirnya memiliki ketua baru setelah selama 20 tahun dipimpin Komaruddin Watubun. Melalui konferensi daerah (konferda) yang digelar di Merauke, Jumat (20/3), Edoardus Kaize terpilih secara mufakat untuk menjadi Ketua DPD PDIP Papua menggantikan Komarudin

Edo -sapaan Edoardus- diterima oleh seluruh dewan pimpinan cabang (DPC) PDIP Papua yang hadir dalam konferda itu. Proses pemilihan melalui musyawarah itu dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt) Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Awalnya, Edo bersama Calvin Mansnembra dan Christiana Loluporo telah mengantongi rekomendasi DPP PDIP untuk memimpin partai berlambang kepala banteng di tanah Papua. Namun, setelah peserta konferda sepakat memilih Edo sebagai ketua DPD PDIP Papua, maka Calvin dipercaya sebagai sekretarisnya. Sedangkan Christina dipercaya sebagai bendahara DPD PDIP Papua.

Setelah terpilih, Edo langsung menyusun kepengurusan DPD PDIP Papua periode 2015-2020. Selanjutnya, forum pleno konferda juga langsung mengesahkan kepengurusan DPD PDIP Papua di bawah kepemimpinan Edo.

Selanjutnya, Hasto memimpin pengucapan sumpah para pengurus DPD PDIP Papua.  Mereka juga resmi sebagai pemilik suara sah pada Kongres IV PDIP di Bali yang digelar 8-12 April mendatang.

Dalam pidato penutup konferda, Komarudin mengungkapkan rasa bangganya karena ajang itu berjalan lancar dan demokratis. Ketua DPP PDIP bidang organisasi itu menegaskan, konferda itu merupakan salah satu tonggak penting bagi perjalanan Papua ke depan.

"Saya sudah 20 tahun memimpin PDIP di Papua. Kita sudah buat dua keputusaan penting dalam konferda ini, pertama berkaitan dengan masa depan Papua dan kedua masa depan Indonesia," katanya.

Komar mengharapkan Edo dan jajaran DPD PDIP Papua terus bekerja untuk rakyat. Sebab, kata Komar, partai bukan sekadar jembatan agar bisa menduduki di eksekutif maupun legislatif.

MERAUKE - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PP PDI Perjuangan Provinsi Papua akhirnya memiliki ketua baru setelah selama 20 tahun dipimpin Komaruddin Watubun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News