PDIP Pengin Teks Pancasila Dibacakan di Setiap Acara Kampus, Ini Alasannya 

PDIP Pengin Teks Pancasila Dibacakan di Setiap Acara Kampus, Ini Alasannya 
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memberikan kuliah umum yang diselenggarakan secara virtual oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (2/2). Foto: DPP PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusulkan teks Pancasila tetap dibacakan di acara-acara di kampus. Sebab, Pancasila bukan sekadar jalan hidup rakyat Indonesia, tetapi juga konsepsi kepemimpinan negara bagi dunia.

"Perguruan tinggi seharusnya wajib membacakan teks Pancasila pada tiap acara resmi, agar spirit Pancasila yang mengandung cita-cita kemerdekaan dan sekaligus menjawab suatu tata dunia baru setelah Perang Dunia II betul-betul dapat kita rasakan," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. 

Hasto mengungkap itu dalam kuliah umum bertema "Peran Perguruan Tinggi Dalam Pembangunan Ekonomi Hijau dan Digital Menuju Indonesia Emas 2045" yang digelar secara virtual oleh Universitas Negeri Semarang, Rabu (2/2). 

Dalam kesempatan itu, Hasto menyampaikan strategi Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno untuk mewujudkan konsep ekonomi berbasis Pancasila. 

Menurutnya, Bung Karno membangun Indonesia melalui politik tata ruang dengan menetapkan koridor perekonomian strategis. 

Hal itu termuat dalam Pola Pembangunan Semesta Berencana. 

Di dalam penguasaan teknologi atom pun, sudah dirancang dengan baik saat itu.

Hasto berujar di zaman Orde Baru, konsepsi ekonomi didorong oleh kepentingan kapitalisme global, yang dulu membantu melengserkan Bung Karno.

DPP PDI Perjuangan berharap teks Pancasila dibacakan di acara-acara di kampus. Spirit Pancasila yang mengandung cita-cita kemerdekaan harus terus disuarakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News