Gilbert PDIP Sebut Anggaran JIS 80% dari Jokowi, Anies Baswedan Hanya Gunting Pita

Gilbert PDIP Sebut Anggaran JIS 80% dari Jokowi, Anies Baswedan Hanya Gunting Pita
Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: R Aryadita Umasugi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan mayoritas anggaran pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) berasal dari bantuan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bahkan, Gilbert mengeklaim pembangunan JIS hampir mangkrak imbas pandemi Covid-19 pada 2020. Pemerintah Pusat pun akhirnya turun tangan untuk membantu.

"Akhirnya pusat turun memberikan bantuan lewat dana PEN sebesar Rp 3,6 triliun pada tahun 2020 dan 2021 dari anggaran JIS Rp 4,5 triliun. Artinya, biaya pembangunan JIS itu 80 persen dari pemerintah pusat," ujar Gilbert, Senin (31/2).

Politikus PDI Perjuangan ini pun menyentil Gubernur Anies Baswedan yang kerap memamerkan kemegahan JIS.

Dia berkeberatan lantaran Anies tak pernah mengapresiasi jasa-jasa gubernur sebelumnya.

Padahal, kata Gilbert, proses pembangunan stadion yang berada di Jakarta Utara itu sudah dibangun di era Gubernur Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Bahkan, rencananya sudah disiapkan sejak zaman Gubernur Sutiyoso. Sementara Anies tinggal meneruskan dan meresmikan calon kandang Persija Jakarta itu.

"Klaim sepihak seakan menyatakan JIS keberhasilan Anies semata atau pencapaian seorang gubernur sekarang adalah tidak mendasar dan tidak menghargai upaya gubernur sebelumnya dan bantuan Presiden Jokowi," tuturnya.

Politikus PDIP Gilbert Simanjuntak menyentil Gubernur Anies Baswedan yang kerap memamerkan kemegahan JIS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News