PDIP Tak Bisa Seenaknya Minta Reshuffle Kabinet

PDIP Tak Bisa Seenaknya Minta Reshuffle Kabinet
PDIP Tak Bisa Seenaknya Minta Reshuffle Kabinet

jpnn.com - JAKARTA - Pakar ilmu politik Universitas Indonesia Prof Budiyatna menyayangkan sikap PDI Perjuangan yang terkesan masih kurang puas dengan reshuffle kabinet.

PDI Perjuangan dianggap tidak ada puasnya. Baru beberapa hari Presiden Jokowi melakukan reshuffle kabinet, partai berlambang kepala banteng ini sudah mimpi akan ada reshuffle jilid II. PDI Perjuangan dianggap masih ingin ada tambahan jatah di reshuffle jilid II.

Padahal, dalam reshuffle yang dilakukan Presiden Joko Widodo, Rabu (12/8) lalu itu, PDI Perjuangan mendapat tambahan jatah, yaitu Pramono Anung yang diangkat menjadi Seskab menggantikan Andi Widjajanto. 

Dengan tambahan itu, kini PDI Perjuangan resminya memiliki lima menteri di kabinet. Empat yang lainnya adalah Menko Kebudayaan dan Pembangunan Manusia Puan Maharani, Mendagri Tjahjo Kumolo. Menkumham Yasonna H Laoly, dan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

"Kalau sekadar saran sih boleh, tapi nggak gitu juga. Nggak lucu baru beberapa hari ada reshuffle sudah minta reshuffle lagi," ucapnya seperti dikutip dari RMOL.co (Grup JPNN), Minggu (16/8).

Budiyatna mengatakan, PDI Perjuangan memang pendukung utama pemerintahan Jokowi. Tapi, bukan berarti PDI Perjuangan boleh mendorong reshuffle kapan saja. Untuk urusan reshuffle, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu tidak boleh ikut campur.

"Jangan anggap terus Jokowi anak kecil sehingga bisa diperintah-perintah. Untuk urusan reshuffle, PDIP tidak punya wewenang. Biarkan presiden yang menentukan. Tidak perlu didorong-dorong," tandasnya. (zul)


JAKARTA - Pakar ilmu politik Universitas Indonesia Prof Budiyatna menyayangkan sikap PDI Perjuangan yang terkesan masih kurang puas dengan reshuffle


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News