PDIP Tempati Kantor Baru di Hari Kelahiran Pancasila

PDIP Tempati Kantor Baru di Hari Kelahiran Pancasila
PDIP Tempati Kantor Baru di Hari Kelahiran Pancasila

jpnn.com - JAKARTA - DPP PDI Perjuangan bakal kembali menghuni kantor lamanya di Jalan Diponegoro Nomor 58, Menteng, Jakarta Pusat. Kantor pusat partai pimpinan Megawati Soekarnoputri yang ditinggalkan sejak insiden 27 Juli 1996 itu akan kembali diresmikan penggunaannya tepat pada peringatan kelahiran Pancasila pada 1 Juni.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan, peresmian penggunaan bangunan kantor yang telah direnovasi itu akan dilakukan langsung oleh Megawati. “ Bertepatan dengan peringatan lahirnya Pancasila pada tanggal 1 Juni besok, DPP PDI Perjuangan akan meresmikan kantor yang terletak di Jalan Diponegoro 58, Menteng. Peresmian akan dilaksanakan secara sederhana oleh Ibu Megawati,” ujar Hasto melalui layanan pesan singkat ke media, Minggu (31/5).

PDIP Tempati Kantor Baru di Hari Kelahiran Pancasila

Hasto menjelaskan, pembangunan kantor baru itu menelan biaya hingga Rp 42,6 miliar. “Dibangun dengan cara gotong royong melalui berbagai bentuk kegiatan pengumpulan dana yang berlangsung selama lima tahun,” paparnya.

Nantinya, lanjut Hasto, kantor baru itu tidak saja menjadi pusat pengorganisasian partai. Sebab, lokasi kantor DPP PDIP yang baru telah tercatat dalam sejarah sebagai simbol kedaulatan partai yang sebelumnya bernama PDI itu.

”Aspek inilah yang dicoba diruntuhkan oleh kekuasaan otoriter pada saat itu. Peristiwa 27 Juli 1996 menjadi momentum ketika suara arus bawah menjadi tonggak demokrasi berhadapan kekuasaan otoriter Orde Baru,” tandas Hasto seraya menegaskan, kantor baru DPP PDIP itu sekaligus menjadi monumen hidup tentang representasi kekuatan rakyat.

Dari segi lokasi, lanjutnya, kantor baru itu juga strategis karena dekat dengan pusat kekuasaan. “Dengan lokasi yang strategis, kantor baru itu diharapkan mampu meningkatkan fungsi koordinasi PDIP sebagai partai pengusung pemerintah,” pungkasnya.(ara/jpnn)

 

JAKARTA - DPP PDI Perjuangan bakal kembali menghuni kantor lamanya di Jalan Diponegoro Nomor 58, Menteng, Jakarta Pusat. Kantor pusat partai pimpinan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News