PDIP Terbitkan Ulang Mustika Rasa demi Kuliner Nusantara

PDIP Terbitkan Ulang Mustika Rasa demi Kuliner Nusantara
Buku Mustika Rasa. Foto: dokumentasi PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - DPP PDIP Perjuangan baru saja menerbitkan ulang buku Mustika Rasa besutan Proklamator RI Bung Karno. Mustika Rasa merupakan buku kumpulan tentang resep makanan khas nusantara.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, ada pesan dari Bung Karno yang tersirat dalam buku Mustika Rasa. Yakni agar lidah rakyat Indonesia tidak ikut-ikutan terjajah makanan impor.

Hasto mengatakan, ketika seluruh jenis masakan nusantara beserta bumbu-bumbunya dikelola dengan prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan maka ada pesan ideologis yang kuat bahwa Indonesia merupakan pusat kuliner bercita rasa tinggi. "Karena itulah seluruh resep makanan Indonesia dikumpulkan menjadi bagian dari supremasi kebudayaan Indonesia,” ujar Hasto sebagaimana siaran pers DPP PDIP, Selasa (2/8).

PDIP Terbitkan Ulang Mustika Rasa demi Kuliner Nusantara

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: dokumen JPNN.Com

Karenanya Hasto hari ini menyusuri jalur darat dari Solo hingga Blitar sembari menyambangi tempat-tempat kuliner yang menjajakan cita rasa lokal.  Ia menuju Blitar dalam rangka ziarah ke makam Bung Karno sekaligus tasyakuran atas keputusan pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

Tempat makan yang disambangi Hasto antara lain Warung Bu Paryanti di Wonokarto, Kabupaten Wonogiri yang terkenal dengan ayam gorengnya. Selain itu, ada juga Ayam Lodho Pak Yusuf di Trenggalek yang sangat khas Jawa.

Hasto menjelaskan, perjuangan Megawati saat saat memimpin PDI menghadapi tekanan penguasa Orde Baru ternyata menyisakan catatan tentang kuliner. Catatan-catatan itu berasal dari perjalanan Megawati dari daerah ke daerah ketika harus menjumpai kadernya secara sembunyi-sembunyi.

JAKARTA - DPP PDIP Perjuangan baru saja menerbitkan ulang buku Mustika Rasa besutan Proklamator RI Bung Karno. Mustika Rasa merupakan buku kumpulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News