PDIP Usung Jokowi, Pengamat: Sudah Benar itu

PDIP Usung Jokowi, Pengamat: Sudah Benar itu
Pak Jokowi. Foto: Biro Pers

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Pangi Sarwi Chaniago menilai tidak ada yang aneh dengan pengusungan kembali Joko Widodo sebagai calon presiden (capres) 2019 oleh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Direktur eksekutif Voxvol Center Reseacrh and Consulting itu menegaskan bahwa PDI Perjuangan sudah bersikap realistis.

“Sudah benar, wajar dan tidak ada yang aneh. PDIP realistis,” kata Pangi saat dihubungi JPNN.com, Jumat (23/2).

Menurut dia, PDI Perjuangan tentu mempertimbangkan berbagai hal. Misalnya, karena sampai sekarang belum ada yang bisa menyalip elektabilitas Jokowi.

Menurut dia, Jokowi masih bertengger pada posisi teratas.

“Masih kinclong. Memang tidak mudah mengalahkan Jokowi karena beliau sudah berbuat, sementara calon lain baru akan,” ungkap Pangi.

Hanya saja Pangi mengatakan, meskipun berada di posisi teratas, posisi Jokowi tetap saja belum aman. Elektabilitas Jokowi masih sangat ditentukan oleh komposisi partai politik koalisi, mesin partai dan isu yang dimainkan.

“Kalau elektabilitas Jokowi bagus, masyarakat puas dengan kinerja Jokowi, maka yang langsung menikmati adalah PDIP,” kata dia.

Karena sampai sekarang belum ada yang bisa menyalip elektabilitas Joko Widodo. Diakuinya tidak mudah mengalahkan Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News