PDIP Usung Kang Emil atau Cucu Bung Karno di Pilgub Jabar?

PDIP Usung Kang Emil atau Cucu Bung Karno di Pilgub Jabar?
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (tengah). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan belum memutuskan akan mengusung Ridwan Kamil alias Kang Emil sebagai calon Gubernur Jawa Barat. Selain Wali Kota Bandung, nama cucu Bung Karno, Puti Guntur Soekarno juga masuk bursa kandidat.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya tidak menjadikan hasil survei sebagai satu-satunya parameter. "Pengalaman sebelumnya survei memang menjadi alat untuk mengukur persepsi dan harapan publik. Tapi, survei bukan satu-satunya," kata Hasto di kantornya, Minggu (24/9).

Buat PDI Perjuangan, ujar Hasto, kekuatan gotong rotong partai dalam menyatu dengan rakyat merupakan modal yang sangat penting. "Kami siapkan seluruh mesin partai untuk memberi dukungan," kata Hasto.

Sebab, kata dia, pilkada bukan hanya berbasiskan elektoral dan elektabilitas semata. Tapi, pilkada didasarkan komitmen untuk membangun masyarakatnya dan juga menciptakan pemerintahan yang baik, bersih dan berkebudayaan.

Dia pun memastikan tetap berkomunikasi dengan partai lain. Termasuk Partai Golkar. "Tentu saja ruang dialog terus kami lakukan tapi ketika setiap partai mengambil keputusan kami hormati keputusan itu," jelas Hasto.

Lebih lanjut, Hasto menuturkan, pada prinsipnya semua pencalonan sudah mengerucut. Tidak hanya di Jabar, tapi juga di Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku dan Papua serta Lampung. "Sebagian besar sudah mengerucut," tegasnya. (boy/jpnn)


Pada prinsipnya semua pencalonan sudah mengerucut.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News