PDIP Yakin Sistem Pemilu Tertutup Lebih Baik

PDIP Yakin Sistem Pemilu Tertutup Lebih Baik
PDIP Yakin Sistem Pemilu Tertutup Lebih Baik
JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), tetap kokoh dengan pendiriannya mendukung sistem tertutup pada Pemilu 2014 yang kini masih terjadi perdebatan alot di RUU Pemilu.

Wakil Ketua DPR Fraksi PDIP Pramono Anung, menegaskan, bahwa yang memilih sistem terbuka adalah Golkar, Demokrat, PAN. "Tetapi yang secara terbuka mengatakan tertutup adalah PDIP, PKS, PKB," ujarnya, Selasa (10/4), kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Ia menjelaskan alasan PDIP memilih sistem tertutup adalah karena  melihat pengalaman pemilu tahun 2009 lalu, sangat mahal sekali. Menurutnya, biaya politik menjadi sangat mahal sekali dan rata-rata setiap calon harus menghabiskan lebih dari Rp2 miliar dan itu angka yang terlalu tinggi.

Sehingga dengan demikian harus ada keberanian untuk melakukan revisi dan itu salah satunya mengenai sistem. Sebab, kata dia, begitu pemilunya secara terbuka, itu tidak lagi partai dengan partai,  tetapi di internal sendiri calon satu dengan lainnya terjadi persaingan yang luar biasa. "Sehingga costnya menjadi sangat tinggi dan mahal sekali," jelasnya.

JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), tetap kokoh dengan pendiriannya mendukung sistem tertutup pada Pemilu 2014 yang kini masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News