Pearl dan Total Pasok Gas ke Pupuk Kaltim

Pearl dan Total Pasok Gas ke Pupuk Kaltim
Pearl dan Total Pasok Gas ke Pupuk Kaltim
JAKARTA - Pearl Oil dan Total E&P Indonesie menandatangani perjanjian jual beli gas (PJBG) bersama PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT). Besar pasokan gas ke PKT sekitar 85 juta british thermal unit perhari (MMBTUD) dengan perkiraan jumlah kontrak keseluruhan mencapai 247 miliar kaki kubik (BCF).

Kepala Divisi Humas, Sekuriti, dan Formalitas, Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) Gde Pradnyana mengatakan, kontrak gas ini berlaku selama 10 tahun, mulai 1 Januari 2012 yang berasal dari blok Sebuku dengan operator Pearl Oil dan Blok Mahakam yang dioperatori Total E&P. Harga yang disepakati menggunakan formula yang dipengaruhi oleh harga amoniak dan urea yang berlaku di pasar internasional.

Menurut Gde, kebutuhan domestik, khususnya pasokan gas untuk pabrik pupuk, listrik, serta industri, tetap mendapat prioritas utama. "Apalagi, pasokan tersebut diperuntukkan untuk revitalisasi pabrik pupuk di Indonesia," ujarnya di Jakarta, Senin (20/6).

Kontrak gas ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pabrik Pupuk Kaltim 5 yang diperkirakan beroperasi pada 2014. Sementara menunggu Pupuk Kaltim 5 beroperasi, pasokan gas yang disepakati saat ini digunakan untuk memasok pabrik Kaltim 1 yang kontrak gasnya akan berakhir pada 2011.

JAKARTA - Pearl Oil dan Total E&P Indonesie menandatangani perjanjian jual beli gas (PJBG) bersama PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT). Besar pasokan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News