Pecatur Aceh Raih Master Internasional

Pecatur Aceh Raih Master Internasional
Pecatur Aceh Raih Master Internasional
BANDA ACEH – Pecatur Aceh, Master Nasional (MN) Zulkhairi mencatat sejarah luar biasa. Ia memastikan diri meraih gelar catur international, Master Fide (MF) dalam kejuaraan catur International Dato Arthur Malaysia, yang digelar 22 hingga 28 Agustus di Kuala Lumpur.Gelar Master Fide yang diraih Zulkhairi ini merupakan yang pertama dalam sejarah bagi dunia olahraga catur Aceh dan di Sumatera. Sedangkan pecatur yang memiliki gelar MF, Master International (MI) dan Grand Master (GM) 

Zulkhairi yang belum memiliki eko rating international ini, sungguh fantastis meraih gelar MF hasil menang atas Master Fide (MF) Igor Goldenberg (elo rating international, 2404) dari Australia di babak kedua. .Manahan remis pecatur tangguh Vietnam, Grang Master (GM) Nguyen Anh Dung (elorating 2474). Grang Master dari negara terkuat catur di Asia Tenggara ini, dibuat tak berkutik  oleh pecatur Pengcab Percasi Sabang ini.dan  permainan berakhir remis.

Di babak ke-empat, Zulkairi  warga Banda Aceh juara catur antar gampong se- Kota Banda Aceh, Juni lalu, pada babak ke-empat kembali menahan remis ketangguhan pecatur China, Master International ( elo-2427) Yang Kaigi.Babak ke-lima, giliran Master International (elo-2459) dari India, Sri Ram Jha ditahan remis Zulkhairi yang juga pecatur tuna runggu yang meraih medali emas di Porcanas, Samarinda, Kaltim 2007.

Peraih medali emas Porda Takengon 2006 yang tidak dipakai Pengprov Percasi Aceh dalam regu Aceh pada Porwil 2008 di Medan ( Aceh gagal lolos ke PON), juga menobatkan dirinya sebagai pecatur terkuat di Indonesia dalam kejuaraan international di Malayasia itu, setelah menahan remis satu-satunya pecatur tangguh Indonesia saat ini Grand Master Susanto Megaranto di babak ke-enam.

BANDA ACEH – Pecatur Aceh, Master Nasional (MN) Zulkhairi mencatat sejarah luar biasa. Ia memastikan diri meraih gelar catur international,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News