Pedagang Dilatih Manajemen Pasar

Pedagang Dilatih Manajemen Pasar
Pedagang Dilatih Manajemen Pasar
MATARAM-Keberadaan pasar tradisional hingga saat ini masih sangat dibutuhkan masyarakat. Untuk meningkatkan daya saing dan peningkatan kualitas serta pelayanan kepada konsumen, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Perdagangan Kementerian Perdagangan menggelar diklat manajemen pasar. Diklat tersebut bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mataram.

Kepala Disperindag Kota Mataram, Wartan mengatakan, diklat yang diikuti 50 orang pedagang dan pengurus pasar tradisional se-Kota Mataram ini diharapkan menghasilkan output berupa manajemen pasar yang profesional. ‘’Usai mengikuti diklat nantinya, para pedagang dan pengurus pasar dapat berperan aktif dalam pengelolaan pasar tradisional yang profesional di tengah serbuan pasar modern,’’ kata Wartan.

Senada dengan Wartan, Kepala Pusdiklat Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Tulus Budianto menganggap, pasar tradisional perlu meningkatkan daya saing guna mengimbangi keberadaan pasar modern dan ritel. Untuk itu, lanjutnya pasar modern harus dikembangkan agar dikelola secara modern.

‘’Kita harus mengubah mindset yang ada. Kesan pasar tradisional yang kurang representatif harus segera diubah untuk dapat bersaing. Sehingga pedagang, sarana dan prasarana harus bersih. Begitu pula dengan penyajian dan pelayanannya harus baik,’’ terangnya.,

MATARAM-Keberadaan pasar tradisional hingga saat ini masih sangat dibutuhkan masyarakat. Untuk meningkatkan daya saing dan peningkatan kualitas serta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News